28 November 2007

Pencuri Anthurium Tewas Dihajar Massa

13/11/2007BANTUL (KR)

Yds (23)
Warga Panembahan Kraton, Senin (12/11) dini hari sekitar pukul 02.00 mengalami nasib naas. Gara-gara mencuri tanaman hias jenis anthurium di wilayah Ngrukeman Tamantirto Kasihan Bantul, bujangan itu dihajar massa hingga tewas. Sementara rekannya, Mln (27) warga Serangan Ngampilan babak belur dan kini diamankan kepolisian.

Sejak Minggu malam Yds bersama rekannya Mln berboncengan mengendarai sepeda motor Honda Fit Nopol AB 4375 US mencari sasaran pencurian. Sampai di pedukuhan Ngrukeman mereka mendapatkan rumah milik Lukman Khusadi (49) seorang perwira menengah TNI AD. Mengetahui banyak jenis tanaman hias yang mahal harganya ada di rumah itu, termasuk jenis anthurium, kedua lelaki itu lalu memasuki halaman rumah sasaran dengan cara memanjat pagar. Mereka lalu mencabuti 17 jenis tanaman anthurium dan beberapa keladi batik. Setelah memperoleh tanaman hias yang seluruhnya senilai Rp 9 juta itu, mereka siap membawa kabur. Ketika akan kabur, aksinya itu diketahui salah seorang keluarga pemilik rumah. Lewat SMS, pemilik rumah itu menghubungi warga tetangga menginformasikan ada pencuri dan meminta untuk menangkap pelaku pencurian tanaman hias yang saat itu masih berada di dalam pagar rumah Lukman Khusadi. Informasi adanya pencuri di rumah Lukman Khusadi pun segera menyebar.

Sekitar 300 orang warga sekitar Ngrukeman langsung mengepung rumah Lukman Khusadi. * Bersambung hal 23 kol 4 Pelaku pencurian yang mengetahui dirinya sudah dikepung dengan pagar betis itu tak bisa berbuat banyak. Tetapi karena terpaksa, keduanya nekat melarikan diri menerjang kepungan massa. Naas bagi kedua pencuri itu, keduanya menjadi bulan-bulanan massa. Tak hanya mendapat bogem tinju, namun juga dihujani pentungan dari ratusan warga tersebut. Yds mengalami luka parah, hingga tewas ketika akan dibawa ke rumah sakit. Sedangkan Mln yang babak belur diserahkan ke Polsek Kasihan. Mayat Yds langsung dikirim ke RSU Sardjito untuk dilakukan visum.

Sedangkan Mln diamankan ke Polsek Kasihan bersama barang buktinya. Kapolres Bantul AKBP Yusmanjaya SIK didampingi Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Teguh Wahono SH ditemui KR menyesalkan atas kejadian tersebut. Mestinya tidak perlu ada penghakiman massa, yang mengakibatkan tewasnya seorang pencuri tanaman hias. Kapolres Bantul mengimbau kepada warga, jika terjadi pencurian dan pelakunya tertangkap hendaknya langsung diserahkan ke Polisi untuk diproses sesuai dengan prosedur hukum yang ada dan tidak main hakim sendiri. (Jdm)-b KR-JUDIMAN Tersangka Mln Ketika Diperiksa Petugas Penyidik di Polsek Kasihan dan Barang Bukti.
http://www.kr.co.id/web/detail.php?sid=141820&actmenu=35

Tidak ada komentar: