19 November 2007

Pesona Tanaman Hias Air Jenis Paling Dicari

(Tabloid Hobiku Ed 44/IV 19 Apr-02 Mei 07. Yon)

Tinggal di dataran rendah terasa panas dapat dikurangi dengan menghadirkan tanaman air. Selain sejuk dipandang juga mudah dibudidayakan. ‘Booming’ tanaman hias seperti anthurium atau adenium ternyata ‘menyeret’ naiknya pamor tanaman hias air. Tanaman ini memang memliki kelebihan tersendiri untuk dikoleksi. Selain memiliki beragam varian dan bentuk, tanaman hias air memberikan kesan sejuk. Banyak jenis tanaman hias air, ada yang memiliki bunga atau sekedar dinikmati batang dan daunnya saja.

Untuk menanam tanaman hias air di dalam pot, sebaiknya diperlukan dua media. Yang pertama adalah media tanam tempat tumbuh tanaman hias. Biasanya pot yang digunakan adalah pot plastik. Sedangkan media kedua adalah gerabah / pot yang sudah diberi air. Media pertama ditempatkan pada gerabah tersebut. Keuntungan menggunakan dua media adalah saat melakukan perbanyakan. Dengan dua media tersebut tidak perlu memecah pot gerabah, tinggal pot plastik tersebut dikeluarkan dan menarik media tanam dari pot plastik.

Setelah itu tinggal memecah tanaman hias tersebut menjadi beberapa bagian untuk ditanam kembali dalam pot – pot plastik yang sudah disediakan. Dalam tempo 1 bulan, tanaman hias ini akan menjadi 2 – 3 pot. Untuk tanamn hias berukuran kecil ketinggian air di pot / gerabah sebaiknya kurang dari 10 cm, sedangkan untuk tanaman hias berukuran besar ketinggian air antara 10 – 20 cm. Bila ketinggian air terlalu tinggi, untuk tanaman hias berukuran kecil akan sulit untuk berkembang biak. Sebaliknya kalau terlalu rendah daun tanaman air itu akan terbakar sinar matahari.

Jenis tanaman hias air yang paling banyak dicari para penghobi antara lain :

AMAZONE
Berasal dari Brazil. Habitat aslinya ada di bawah pohon – pohon besar. Tidak menyukai panas terik. Ketinggian tanaman bisa mencapai 2 – 3 meter. Amazone memiliki karakter daun besar, mirip keladi. Batang agak berduri. Di pasaran harga per pot ada di kisaran 100 – 250 ribu rupiah.

BAMBU BUNGA DEWA AIR
Asal tanaman hias ini dari negeri Tiongkok. Bentuknya seperti bambu tapi hidup di dalam air. Anehnya bambu ini memiliki bunga dengan warna putih. Daun berwarna hijau. Agar penampilannya terlihat eksotik, bambu air ini sebaiknya dirumpunkan. Harga di pasaran 100 – 250 ribu rupiah.

ZAMIA AIR
Bentuk tanaman hias air ini kurang lebih mirip suplir, hanya saja karakternya besar. Daun berwarna hijau dengan tipikal agak memanjang. Panjang batang bisa mencapai 1 – 2 meter. Harga 50 – 100 ribu per pot.

KELADI AIR CORONG
Dari sekian banyak tanaman hias air, keladi air corong mempunyai warna yang sedikit berbeda yakni wulung. Batang dan daun tanaman hias air ini berwarna coklat kehitaman. Karakter daun mirip corong. Ketinggian batang bisa mencapai 1 – 2 meter. Harga di pasaran 50 – 100 ribu rupiah.

KIPAS DEWA AIR
Bentuk daun mirip kipas dengan warna hijau muda. Tidak berbunga. Panjang daun bisa mencapai 1 meter. Harga di pasaran mencapai 50 – 100 per pot.

PISANG KELADI AIR
Nama kerennya stipa lativiola. Besarnya daun biasa dan cenderung meruncing di ujungnya. Ketinggian tanaman mencapai 1 – 2 meter. Yang menarik pisang ini berbunga. Harga per pot 100 – 200 ribu rupiah.

LOTUS BUNGA TRUMPUL

Warna bunga tanaman hias air ini bermacam – macam. Ada yang berwarna putih, kuning tapi ada pula yang berwarna merah. Melihat warna bunganya tanaman hias air ini bak bunga mawar. Karakter daunnya lebar. Harga di paaran berkisar 50 – 100 ribu rupia

Tidak ada komentar: