19 November 2007

Menyemai Daun Emas (Anthurium)

(AGROBIS edisi 732 Minggu ke-4 Juni 2007. Hal 11. GIT)

Sebenarnya tidak susah untuk mencetak sendiri anthurium. Laju pertumbuhan jenis – jenis anthurium memang tergolong lambat, kecuali jenis tertentu seperti gelombang cinta, keris dan corong yang relatif lebih cepat pertumbuhannya. Untuk memulainya diperlukan biji anthurium atau sering disebut ose. Langkah penyemaian biji anthurium hingga mencapai tahapan 2 – 3 lembar daun siap jual adalah sebagai berikut :

  • Petik biji anthurium dari tongkolnya. Pilih yang sudah masak betul yang ditandai dengan warna merah tua.
  • Pencet buah biji yang berwarna merah lalu ambil bijinya. Satu buah ada yang berisi satu dan dua. Rata – rata semuanya bisa dipakai.
  • Bersihkan biji dari lendir buah dengan air bersih dan diangin – anginkan sebentar.
  • Siapkan media perkecambahan. Penyiapan media ada 2 cara. Pertama versi Suroto, Bayan, Tarso dan sebagian besar petani anthurium di Karanganyar dan Tawangmangu yaitu biji langsung ditanam di media pakis halus (diayak) ditambah sedikit kompos dengan perbandingan 80 : 20. Cara kedua versi Luar (Petani luar kota seperti Ijo Royo dan Miranda Nursery di Surabaya) yaitu dengan kapas biasa kapas pembersih muka 3 – 4 lapis.
  • Diyakini model kapas ini lebih praktis dan bebas kuman karena kondisinya bersih, bisa ditaruh di loyang dan dijajar di rak. Resiko biji tidak berkecambah akibat terserang jamur, bakteri dan hewan renik media juga lebih kecil.
  • Selanjutnya basahi media perkecambahan itu dengan air dan siap disemai. Letakkan biji satu – satu dengan jarak 2 cm. Untuk media kapas, satu lembar kapas ukuran 2,5 m2 diisi satu biji. Caranya biji agak ditekan agar sedikit tertanam.
  • Untuk merangsang akar agar cepat berkecambah bisa direndam dengan hormon perangsang akar seperti Quickgrow, Rooton, Happygrow dam sejenisnya.
  • Hal terpenting jaga suhu konstan sedikit tinggi dengan ditutup atau disungkup. Caranya media di pot atau nampan yang sudah ditebar biji ditutup dengan plastik bening lalu diikat dengan karet gelang. Cara lain dengan ditutup kaca bening. Ada yang lebih praktis dengan dimasukkan tray makanan. Sebaiknya setiap pagi dan sore dibuka sekitar 2 – 3 menit agar suhu di dalam tidak terlalu panas sekaligus sirkulasi.
  • Bila kondisi lancar dalam waktu 6 hari biji mulai berkecambah ditandai dengan munculnya calon akar. Gelombang cinta tergolong paling cepat perkecambahannya. Biji yang gagal berkecambah ditandai dengan tidak keluarnya calon akar dan busuk (lembek).
  • Dalam waktu sekitar 8 hari akar sudah mencapai 1 – 1,5 cm dan sebagian besar sudah keluar kuncup daun pertama.
  • Saat biji sudah berkecambah lalu dipindah di media baru dengan isi pakis yang sudah agak kasar (campuran hancuran pakis dan pakis halus), kompos, sekam bakar dan arang. Saat itu kecambah sudah ditata berderet biasanya per boks isi 100 pohon. Cara pindahnya harus ekstra hati – hati dengan membuat lubang dahulu untuk jalan masuk akar lalu ditimbun pelan – pelan.
  • Biarkan kecambah tumbuh dengan secara rutin disiram pagi dan sore. Dalam kurun waktu 2 minggu maka akan jadi daun satu setengah penuh. Lantas genap umur 1 bulan jadi daun 1 penuh. Berikutnya 1 bulan kemudian jadi daun 2 penuh. Pada kondisi itu akarnya sudah kuat dam siap dipindah ke pot satu pohon satu pot.

Tidak ada komentar: