09 November 2007

Media tanam Anthurium Gelombang Cinta

(gelombangcinta.com) Di habitat aslinya tanaman ini hidup dikawasan hujan tropis dimana panas matahari yang banyak serta kelembaban yang tinggi. Gelombang cinta biasanya hidup menempel pada akar pohon atau sela batang pohon dan juga di tanah humus di dasar hutan. Akarnya yang banyak berbentuk serabut tebal memanjang menjadi penyangga yang baik di sela-selapohon maupun lapisan dasar hutan. dengan banyaknya akar juga membantu pendapatkan air dan makanan. Di indonesia untuk menumbuhkan tanaman ini tidak terlalu sulit tinggal kita menyesuaikan dengan habita tanaman ini . Tanaman ini membutuhkan media tanam yang phorus artinya air dapat mengenai hingga ke seluruh akar akarnya namun air tersebut cepat mengalir keluar pot. Karena apabila air tidak cepat keluar atau menggenang lama di media tanam maka akan mengakibatkan busuk akar. Sehingga media tanah tanpa campuran sangat tidak dianjurkan. ada beberapa variasi untk media tanaman ini ada yang mengunakan campuran pakis dan pupuk kandang (pupuk kambing) ada yang mengunakan pakis dicampur sekam, ada yang hanya cahan pakis. cara kedua dan ketiga paling banyak digunakan media yang pertama mungkin bertujuan memberi unsur pupuk pada tanaman namun beresiko busk akar dan hidupnya serangga yangtidak dikehendaki. Namun yangterfaforit adalah hanya mengunakan cacahan pakis saja.

Untuk makanan gelombang cinta dapat dipenuhi oleh media pakis yang lama kelaman lapuk menjadi i unsur hara yang baik bagi tanaman namun dapat ditambah pupuk slow release atau pupuk cair yag disiramkan seminggu atau 2 minggu sekali. Ketersedian pakis di indonesia masih cukup banyak namun karena ekploitasi bisa menjadi barang langka dan mahal bisa juga bervariasi dicampur sekam.

Kesimpulan gunakan media yang mudah dilalui air dan tidak banyak menyimpan air (contoh cacahan pakis) kedua mudah untuk pertumbuhan akar dimana akar tidak terhambat karena media yang keras. Namun meida yang tpat harus juga disertai penyiraman yang tepat juga. Sehingga tujuan untuk mandapat kelembaban namun tidak menjadikan akar busuk tercapai.(ypg/gelombang cinta.com)

Tidak ada komentar: