09 November 2007

Aku Suka Merawat dan Memelihara Bunga Bukan Berarti Aku Feminim Lho

(PintuNet.com) Bunga akan sangat identik dengan ke-indah-an, ke-asri-an dan ke-tentram-an; tidak bisa dipungkiri akan hal itu, dan satu hal lagi bunga akan selalu dikaitkan dengan cinta, wanita dan romantis; dan saat ini sudah mengalami sedikit pergeseran, bahwa... laki-laki-pun suka akan bunga, bahkan mau merawat-nya (termasuk saya)... he..he.. karena bagi saya merawat bunga itu banyak hal yang dapat kita peroleh; selain ketentraman dan kedamaian, juga mengasah kelembutan dan keikhlasan. Jadi bukan karena aku feminim khan.... merawat bunga itu asyik dech.. tapi kalau Bunga Cintra Lestari pusing kali yach... he..he.. banyak biaya-nya

Dan memang selama ini masih sangat setia dengan Bunga Anggrek meskipun pada sua tahun terakhir juga mencoba untuk merawat beberapa jenis bunga yang lain; walau tidak banyak sih.. cuma untuk kesibukan sore sepulang kerja; dan menikmati sebelum tidur bersama isteri... waduh.... ada rasa gimana begitu, apalagi pada musim seperti ini semua berbunga warna-warni.. Adenium, Eforbia, Anggrek. Hingga akhirnya tergerak juga untuk mencoba tahu dan bisa memelihara Anthurium dimana setahu saya bunga ini untuk Indonesia ada 7 jenis anthurium, yaitu Anthurium pedatoradiatum (wali songo), Anthurium cyrstalinum (kuping gajah), Anthurium rafidooa, Anthurium hibridum (lidah gajah), Anthurium makrolobum, Anthurium scherzerianum dan Anthurium andreanum. Pada dasarnya Anthurium dibedakan menjadi dua Anthurium Daun dan Anthurium Bunga.

Tentang pemeliharaannya sebenarnya cukup mudah, ada beberpa langkah yang harus diperhatikan agar mendapatkan Anthurium yang indah dan bagus;

Untuk pengembangannya dapat dilakukan dengan dua hal yaitu
Secara generatif (biji)
Dalam cara ini kita harus membedakan antara bunga jantan dan bunga betina. Bunga jantan ditandai oleh adanya benang sari, sedangkan bunga betina ditandai oleh adanya lendir. Silangkan bunga jantan dan bunga betina menggunakan jentik, bunga sari diambil dan dioleskan sampai rata di bagian lendir pada bunga betina. Sekitar 2 bulan kemudian, bunga yang dihasilkan sudah masak, di dalamnya terdapat banyak biji anthurium. Biji-biji tersebut di kupas, dicuci sampai bersih dan diangin-anginkan, kemudian ditabur pada medium tanah halus. Persemaian ditempatkan pada kondisi lembab dan selalu disiram.

Untuk cara vegetatif (stek) bisa dengan stek batang atau stek mata. yang masing-masing dapat dilakukan dengan mudah kurang lebish sebagai berikut :
Untuk Stek batang potong bagian atas tanaman (batang) dengan menyertakan 1 - 3 akar, bagian atas tanaman 'yang telah dipotong kemudian ditanam, pada medium tumbuh yang telah disiapkan.
Untuk cara dengan mata tunas adalah mengambil satu mata pada cabang, kemudian menanam mata tunas pada medium tumbuh yang telah disiapkan.

Proses Penanaman
Yang terpenting adalah perhatikan media tumbuh atau media tanamnya dan media ini dibedakan dalam dua fungsi yaitu :
Medium tumbuh terdiri dari campuran humus, pupuk kandang dan pasir kali. Humus atau tanah hutan dan pupuk kandang yang sudah jadi di ayak dengan ukuran ayakan 1 cm, sedangkan pasir kali di ayak dengan ukuran ayakan 3 mm. Humus, pupuk kandang dan pasir kali yang telah di ayak, dicampur dengan perbandingan 5 : 5 : 2. Dan untuk persemaian, medium tumbuh perlu disterilkan dengan cara mengukus selama satu jam.

Pot Yang Bisa Digunakan
Untuk menanam bunga anthurium, dapat digunakan pot tanah, pot plastik atau pot straso. Tapi Pot yang paling baik adalah pot tanah karena memiliki banyak pori-pori yang dapat meresap udara dari luar pot. Jika yang digunakan mAsih baru, rendam dalam air selama 10 menit.

Bagaimana Pemeliharaannya :
Tanaman dipelihara dengan cukup menyiram 1 - 2 kali sehari. Daun yang sudah tua atau rusak karena hama dan penyakit lebih baik dipotong sehingga akan tampak bersih dan menarik. Dan akan lebih baik jika tanaman dipelihara di tempat teduh karena tanaman tidak tahan sinar matahari langsung.

Demikian tulisan ini meskipun dari pengalaman dan baca beberapa buku tapi saya coba untuk menyederhanakannya dan mudah-mudahan bermanfaat bagi rekan member yang ingin memelihara tanaman Anthurium, semoga bermanfaat dan terima kasih. (YUDHISTIRA, Malang, pada tanggal 06.09.2007 13:02)

Tidak ada komentar: