03 Desember 2007

TIPS

MEN-STERIL-KAN MEDIA TANAM :

Media tanam Anthurium sebagian besar adalah akar pakis, juga ada bahan lain yang digunakan untuk campuran antara lain sekam bakar, kompos, pupuk kandang dan cocopeat.
Tetapi seringkali para hobiis yang mungkin dengan terbatasnya waktu dan pengetahuan tentang anthurium, tidak men-sterilkan-media tanam dulu sebelum digunakan. Dan berakibat munculnya jamur/fungi yang menyebabkan kebusukan akar.
Cara untuk membuat steril media tanam sebagai berikut :

1. Lakukan proses pemanasan dengan oven atau bisa juga di-sangrai sampai kandungan air pada pakis habis/kering. terutama pada pakis muda ( dipasaran pakis yang berumur tua/memenuhi syarat mulai langka ).

2. Rendam atau semprot pakis dengan fungisida/anti jamur dan biarkan/di angin-anginkan selama kurang lebih 2-3 jam.

3. Lalu jemur di bawah terik matahari selama kurang lebih 3-5 jam. Perhatikan pakis harus di aduk beberapa kali agar penyinaran merata dan sampai kering semuanya.

4. Pakis siap dan aman untuk digunakan.


MENJAGA KETAJAMAN WARNA :

Seringkali para hobiis anthurium mengeluh karena Anthurium berwarna yang mereka miliki menjadi pudar, bukan malah semakin tajam malah perlahan-lahan kembali ke warna hijau. Tentu saja akan mengurangi keindahan sekaligus nilai jualnya. Sebenarnya bukan hal yang sulit dilakukan, bila anda tahu tips-tipsnya ! Berikut ini apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga ketajaman warna pada Anthurium.

1. Ini merupakan cara yang paling penting. Jemur Anthurium anda di bawah sinar matahari pagi antara jam 8-9 selama kurang lebih 0,5 - 1 jam. Jangan terhalang paranet atau apapun. Ini berguna untuk menjaga pigmen warna pada Anthurium anda.

2. Jaga kelembaban pada sekitar tanaman. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara antara lain, lakukan pengabutan pada daun secara berkala terutama ketika suhu sangat panas/terik matahari di siang hari. Bisa juga ditaruh pancuran air ( banyak tersedia di supermarket ) atau di buat kolam di bawah tanaman anda.

3.Berikan arang pada atas media. Ini bukan berarti warna arang yang hitam bisa membuat Anthurium anda berwarna hitam ! Arang lebih berfungsi untuk mengikat karbon di udara yang dengan sendirinya membantu proses fotosintesa Anthurium anda. Atau bisa diberi sedikit tembakau untuk mencegah jamur atau cendawan yang bisa menggangu tanaman anda.

by DENI KURNIAWAN


1 komentar:

TARUNA BANGKIT mengatakan...

Hallo Kang,
bloge peyan wis apik, cuma ukuran font di beberapa bagian kegedean... kurang manis loh...
yo mugo2 entuk nomer nang kompetisi bloge.